Sejarah Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan Ambalan Arjuna-Srikandi


          Salam Pramuka...halo kaka-kaka Pramuka seluruh Indonesia,kali ini saya ingin berbagi informasi tentang Ambalan tempat saya mendapatkan pendidikan kepramukaan,yaitu di Ambalan Arjuna-Srikandi SMA N 1 Pupuan,untuk kaka-kaka yang ganteng dan cantik semuanya silakan di baca ya kaka.




SEJARAH PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 PUPUAN
          Praja  Muda Karana atau sering disebut Pramuka khususnya di SMA Negeri 1 Pupuan sudah ada dan dilaksanakan sejak SMA Negeri 1 Pupuan didirikan yaittu pada tahun 1990.Namun perkemahan Pramuka baru dilaksanakan sejak tahun 1992 sampai sekarang.Perkemahan Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan pertama kali dilaksanakan pada tahun 1992 yang bertempat di Air Sanih,Kabupaten Buleleng.Setelah perkemahan pertama dilaksanakan di Air Sanih maka perkemahan yang kedua mengambil tempat di Marga,setelah itu di Bantas serta lokasi yang paling sering digunakan yaitu di Labuan Aji yang bisa dikatakan tempat perkemahan yang terus dikunjungi bila SMA Negeri 1 Pupuan melaksanakan perkemahan Pramuka.Beberapa tahun belakangan ini Pramuka SMA N 1 Pupuan mengambil tempat perkemahan di Camping Ground Soka Indah,untuk tempat kemah ini khusus untuk perkemahan bersama Pramuka dengan PMR SMA N 1 Pupuan.Sedangkan untuk perkemahan pelantikan Penegak Bantara mengambil tempat di lapangan umum Desa Pujungan yang kebetulan berdampingan dengan SMA N 1 Pupuan.
         Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan terus mengalami perkembangan mulai dari kegiatan dalam lingkup sekolah maupun diluar lingkup sekolah,contohnya pada 3 tahun yang lalu Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan sudah mengikuti kegiatan diluar yaitu Saka Bhayangkara serta perwakilan Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan sudah mengikuti Raimuna Nasional di Jakarta.
Pada tanggal 21 April 2018 telah dilaksanakan Mugus yang pertama kali sehingga terbentuk dan diresmikanlah Ambalan di SMA Negeri 1 Pupuan yang diberi nama Ambalan Arjuna-Srikandi,dan juga nomor Gudep yang baru yaitu :22.02.01.075-22.02.01.076.

PENGERTIAN AMBALAN
          Ambalan adalah satuan klompok pramuka penegak yang terdiri atas 12-32 anggota  pramuka penegak.Kata “Ambalan”berasal dari Bahasa Jawa yaitu ambal-ambalan,yakni kegiatan yang dilakukan terus menerus oleh sekelompok orang.Sehingga Ambalan dapat diartikan sebagai wadah berkumpul melakukan suatu musyawarah sebelum melakukan kegiatan.Nama Ambalan umumnya menggunakan nama pahlawan dan tokoh dalam pewayangan.Ambalan yang ideal memiliki markas Ambalan yakni tempat dimana Ambalan itu berkumpul.Markas ini biasanya diberinama  sanggar.Setiap Ambalan memiliki bendera Merah Putih,bendera Pramuka,bendera Organisasi Kepanduan sedunia (WOSM)dan nantinya yaitu bendera Ambalan,pusaka Ambalan dan sandi Ambalan,serta peralatan-peralatan gugus depan.

 FILOSOFI  ARJUNA-SRIKANDI
Filosofi Arjuna
          Kata “Arjuna”berasal dari Bahasa Sansekerta artinya bersinar sehingga bermakna setiap anggota pramuka harus dapat memberikan penerangan bagi anggota lainnya.Arjuna digambarkan sosok sebagai yang tidak pernah terkalahkan,sangat bijaksana,dan ketampanannya menjadi daya Tarik.
Hal-hal positif dari Arjuna
          Arjuna memiliki kepribadian yang mulia,berjiwa kesatria,kuat iman dan gagah berani.Arjun ayng memiliki tekad yang kuat.Diharapkan para anggota ambalan putra itu memiliki sifat seperti Arjuna yaitu memiliki kepribadian yang mulia,berjiwa kesatriadan memeiliki tekad yang kuat.
Filosofi Srikandi
          Sri berarti baik dan Kandi berarti wadah.Maka dapat diartikan bahwa kita harus bias menjadikan diri kita penuh dengan kebaikan,dia juga Tangguh dan bias menjadi pemimpin.
Hal-hal positif dari Srikandi
          Srikandi cinta alam dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.Diharapkan para anggota ambalan putri memiliki sifat seperti Srikandi yaitu bias menjadikan diri kita penuh dengan kebaikan,Tangguh dan bias jadi pemimpin.

NOMOR GUGUS DEPAN AMBLAN
          Pada Musyawarah gugus depan(Mugus) ada perubahan nomor gugus depan yang lama dimana nomor gugus depann yang lama untuk putra :22.02.01.035,dan untuk putri :22.02.01.036
Dimana berdasarkan surat keputusan Kwartir Cabang Tabanan no 10 Tahun 2015 tentang adanya pembaharuan penomeran gugus depan,sehingga nomor gugus depan Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan yang telah diperbarui yaitu untuk putra :22.02.01.075,dan untuk putri :22.02.01.076.
Penjelasan tentang angka dalam nomor gugus depan diatas:
22 artinya dalam gerakan pramuka provinsi Bali merupakan urutan yang ke 22 di Indonesia
02 artinya dalam gerakan pramuka Kabupaten Tabanan urutan ke 2 di provinsi Bali
01 artinya dalam gerakan pramuka Kecamatan Pupuan urutan ke 1 di Kabupaten Tabanan
075 artinya ambalan putra
076 artinya ambalan putri




BADGE AMBALAN

Penjelasan tentang badge Ambalan Arjuna-Srikandi:
1.       Bentuk dasar perisai melambangkan,sebagai pelindung/pertahanan ambalan
2.       Bintang melambangkan ,Pancasila yaitu sila pertama dan cita-cita yang tinggi
3.      01.075-01.076 melambangkan,penomeran gugus depan SMA Negeri 1 Pupuan
4.       Panah melambangkan,senjata dari Arjuna dan Srikandi
5.       Dua anak panah runcing melambangkan,fokus dan tajam.Dengan lambang ini diharapkan SMA     Negeri 1 Pupuan dapat fokus dengan apa yang kita capai.
6.       ARJUNA-SRIKANDI merupakan nama dari Ambalan SMA Negeri 1 Pupuan
7.       Keris melambangkan,pusaka Ambalan SMA Negeri 1 Pupuan
8.       Tunas kelapa kembar yang melambangkan kesenian Bali artinya pramuka memiliki jiwa seni.
9.       Bundaran melambangkan Dasa Dharma.
10.   SMA Negeri 1 Pupuan melambangkan nama pangkalan atau sekolah
11.   Warna kuning melambangkan kemakmuran
12.   Waarna latar biru melambangkan,Samudra dimana ilmu pramuka sedalam dan seluas samudra
13.   Arti warna :
      a.       Merah :berani
      b.       Putih: suci
      c.       Hitam:bijaksana

              Trimakasi banyak kaka-kaka semuanya sudah mengunjungi blog saya ini semoga Pramuka menjadi garda terdepan pendidikan karakter generasi penerus Bangsa Indonesia.


Madepancoco Saya sangat suka dengan humor.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Pramuka SMA Negeri 1 Pupuan Ambalan Arjuna-Srikandi"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel